Birds Of Fire – Mahavishnu Orchestra Pengaruhi Guruh Gipsy

Suatu hari di tahun 1996 saya ngobrol panjang dengan Oding Nasution,gitaris Guruh Gipsy tentang inspirasi saat penggarapan album Guruh Gipsy dalam kurun waktu 1975-1977.Oding Nasution lalu menyebut nama gitaris Inggeris John Mclaughlin sebagai salah satu inspirasinya mengisi part solo gitar di lagu Barong Gundah yang ada dalam album Guruh Gipsy.

“Saat mau mengisi part solo gitar dalam Barong Gundah,yang ada dalam kepala saya adalah Birds of Fire nya John McLaughlin” ungkap Oding Nasution.

Sejak saat itu saya mulai hunting album Birds of Fire dari Mahavishnu Orchestra.Jaman itu memang belum ada youtube untuk mencari lagu-lagu yang membuat kita penasaran.Akhirnya ditahun 1997 saya mendapatkan Birds Of Fire dalam bentuk CD di Aquarius Record Store yang bearada dikawasan Pondak Indah Jakarta Selatan.

Memasuki tahun 2000,saya mulai hunting format vinylnya.Ternyata agak susah untuk menemukannya.Pernah saya menemukannya di jalan Surabaya tapi kondisinya kurang bagus.Cover albumnya berantakan.Dan dua tahun lalu akkhirnya saya menemukan Birds Of Fire dalam kondisi mulus.Mint condition istilahnya.Saya menemukannya di Taman Puring Jakarta Selatan.Image

 

Leave a Reply

