Jurang Pemisah – Yockie Surjoprajogo (PramAqua 1977)

Vinyl Promo album Jurang Pemisah Yockie Suryoprayogo (foto Denny Sakrie)

Vinyl Promo album Jurang Pemisah Yockie Suryoprayogo (foto Denny Sakrie)

Album “Jurang Pemisah” karya Yockie Surjoprajogo ini dirilis tahun 1978 oleh label PramaAqua yang merupakan kongsi antara radio Prambors Rasisonia dan label Aquarius, setelah sukses album Badai pasti Berlalu (Irama Mas 1977).

Album ini boleh dibilang sebagai proyek idealis Yockie yang didukung Chrsiye (vokal,bass) dan dua sahabatnya dari God Bless yaitu Ian Antono (gitar) dan Teddy Sujaya (drums).Juga ada James F Sundah,pencipta lagu Lilin Lilin Kecil yang saat itu merupakan finalis dari Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1 tahun 1977.

Tahun 1978 saya membeli kaset Jurang Pemisah.Saat itu saya duduk di bangku kelas 3 SMP.Karena kagum dengan badai pasti Berlalu,saya pun tertarik memiliki pula album Jurang Pemisah.Saat itu saya lagi terkagum kagum dengan Guruh Gipsy,Badai Pasti Berlalu serta Lomba Cipta Lagu Remaja 1977.Kata orang musik anak gedongan.
Di tahun 1994 Aquarius Musikindo meremastered album Jurang Pemisah di Sydney Australia,lalu dirilis ulang dalam bentuk kaset dan CD.
Tapi saya masih tetap berburu vinyl promo Jurang Pemisah  yang menurut Johanness Soerjoko dari Aquarius,vinyl promo itu dibagi bagikan secara gratis ke radio radio pada akhir tahun 1977.”Sayangnya respon pendengar masih minim ” ungkap J.Soerjoko yang kerap dipanggil Ook itu.
Namun perburuan saya atas vinyl Jurang Pemisah akhirnya berakhir pada hari sabtu 31 Januari 2009.Saat itu saya mendapat telepon dari Subur,pedagang vinyl di Jalan Surabaya yang baru saja menempati lahan baru di belakang Grand Indonesia.Dengan harga yang dibandrol Rp.50.000 tanpa pikir panjang saya beli vinyl promo Jurang Pemisah.Ternyata vinyl ini berasal dari sebuah radio swasta di Jakarta.Setelah saya periksa,ternyata vinyl ini masih perawan alias belum pernah tersentuh jarum turntable.Benar benar seperti mendapat durian runtuh.
Leave a Reply

