Vinyl Modern Man Stanley Clarke Jazz Berbumbu Rock

  • Stanley Clarke dan Denny Sakrie serta vinyl Modern Man (Nemperor Record 1978)

    Stanley Clarke dan Denny Sakrie serta vinyl Modern Man (Nemperor Record 1978)

  • Ketika Stanley Clarke ke Jakarta pada awal Maret lalu dalam rangka konser bersama George Duke di event jazz Java Jazz International Festival 2013, saya berkesempatan menemui Stanley Clarke di Borobudur Hotel,tempat seluruh performer JJF 2013 menginap.

    Saya sempat berbicara santai dengan Stanley Clarke yang berpostur tinggi.Saya telah mengikuti sepak terjang bassist ini sejak tahun 1978.Saat itu saya membaca artikel tentang Stanley Clarke di majalah Aktuil terbitan Bandung yang diintrodusir sebagai bassist jazz rock dahsyat.Tulisan ini jelas membuat saya penasaran dan ingin mengetahui seperti apa musik yang dimainkan oleh Stanley Clarke.Akhirnya saya menemukan kaset-kaset rekaman bajakan tapi legal rilisan Aquarius yang merilis album album Chick Corea termasuk Return To Forever dimana di album-album ini Stanley Clarke ikut mendukung.Lalu saya menemukan pula album-album solo Stanley Clarke yang dirilis Aquarius serta label Yess dari Bandung.

    Dari kaset-kaset inilah saya akhirnya mahfum bahwa Stanley Clarke memang bassist inovatif yang amat dahsyat.Oleh Stlanley Clarke,fungsi bass tidak lagi sebagai pengiring tapi maju ke depan sebagai leading yang mencoba menggantikan fungsi gitar utama dalam sebuah band.

    Belakangan ini saya mulai hunting repertoar Stanley Clarke dalam bentuk vinyl.Alhamdullilah saya berhasil menemukan beberapa album solo esensial Stanley Clarke di beberapa titik penjualan vinyl di Jakarta seperti di Jalan Surabaya,Taman Puring dan Blok M Square.Salah satu diantaranya adalah album “Modern Man” rilisan Nemperor Record pada tahun 1978.Vinyl ini saya dapatkan di Kios Oji Jalan Surabaya.Dulu album “Modern Man” ini saya dengarkan melalui kaset bajakan tapi legal itu.

    Album “Modern Man” ini menurut saya memiliki elemen jazz rock yang kuat.Bahkan saya cenderung menilai bahwa album ini lebih kuat dan dominan unsur rock-nya.Jika melihat line-up nya,terlihat jelas beberapa pemusik rock dan session player yang kerap  bermain rock maupun jazz rock.Mereka itu antara lain Jeff Beck (gitar),Jeff Porcaro (drummer Toto),Jeff “Skunk” Baxter (gitaris The Doobie Brothers),Carmine Appice (drummer Vanilla Fudge) dan masih banyak lagi serta sederet pemusik brass section dan strings section.

    Modern Man,menurut Stanley Clarke merupakan kelanjutan dari konsep musik yang pernah dimainkannya lewat album “Schools Day”(1976)  maupun album Return To Forever seperti “No Mystery”.Di album solo kelima  ini, Stanley Clarke merekam ulang komposisi yang ditulisnya bertajuk “Dayride”.Clarke juga membuat sekuel dari lagu “Hot Fun” (album Schools Day) dengan judul More Hot Fun.

    Usai ngobrol dengan Stanley Clarke,saya lalu menyodorkan cover vinyl “Modern Man” untuk ditandatangani.Stanley pun kaget melihat cover album Modern Man yang dirilisnya 35 tahun yang silam.”Wow…….!” ucap Clarke tersenyum.

  • Side one
  1. “Opening (Statement)” – 4:22
  2. “He Lives On (Story About the Last Journey of a Warrior)” – 4:24
  3. “More Hot Fun” – 4:31
  4. “Slow Dance” – 3:16
  5. “Interlude: A Serious Occasion” – 0:21
  6. “Got to Find My Own Place” (Clarke, Michael Garson, Raymond Gomez, Gerry Brown) – 3:17
Side two
  1. “Dayride” – 4:06
  2. “Interlude: It’s What She Didn’t Say” – 1:24
  3. “Modern Man” – 3:31
  4. “Interlude: A Relaxed Occasion” – 1:24
  5. “Rock ‘n Roll Jelly” – 5:07
  6. “Closing (Statement)” – 2:37
Leave a Reply

