Awal Mula Bimbo Menyanyikan Musik Islami

Piringan Hitam Bimbo dalam Irama Qasidah Vol.1 yang dirilis Remaco pada tahun 1974 (Foto Denny Sakrie)

Piringan Hitam Bimbo dalam Irama Qasidah Vol.1 yang dirilis Remaco pada tahun 1974 (Foto Denny Sakrie)

Jika menyebut atau mendengar nama Bimbo maka siapapun pasti akan mengasosiasikannya dengan kelompok pembawa musik religius yang Islami.Bahkan disetiap memasuki bulan suci Ramdahan setiap tahunnya, pastilah lagu-lagu karya Bimbo yang terdengar bergaung dimana-mana mulai dari media radio,televisi hingga pusat-pusat perbelanjaan modern seperti mall.Pokoknya bulan Ramadhan seperti menjadi milik Bimbo,kelompok musik yang terdiri atas 4 bersaudara Hardjakusumah, Samsuddin,Acil,Jaka dan Iin Parlina.

Tapi  tahukah anda sejak kapan Bimbo mulai membawakan atau melantunkan lagu-lagu religius Islami ? Sekitar tahun tahun 1974 Sam Bimbo menulis lagu Tuhan yang ternyata merupakan pengalaman spiritual Sam saat usai sholat Jumat di Masjid Salman ITB Bandung.Sam lalu menulis melodi dan lirik lagu tadi.Diluar dugaan lagu ini ternyata menjadi hits. Di tahun 1974 pihak Remaco kemudian menawarkan pada Bimbo untuk mengagrap album Islami dengan judul Irama Qasidah Vol. 1.Bimbo lalu mengajak penyair Taufik Ismail sebagai penulis lirik lagu-lagu berirama Qasidah tersebut diantaranya Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya.Ternyata lagu-lagu Islami yang dinyanyikan Bimbo dengan nuansa Flamenco ini mendapat sambutan bagus dari masyarakat terutama kaum muslim.

Dan sejak itulah Bimbo selalu merilis album bernuansa Islami, walau tetap juga merilis album pop.Tapi ternyata sejak akhir era 80an,akhirnya Bimbo lebih dikenal sebagai kelompok musik Islami.

(Denny Sakrie)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s