Piringan Hitam Dara Puspita Jang Pertama

Piringan Hitam Jang Pertama - Dara Puspita (Foto Denny Sakrie)

Piringan Hitam Jang Pertama – Dara Puspita (Foto Denny Sakrie)

Judul Album : Jang Pertama
Artis : Dara Puspita
Tahun Rilis : 1966
Label : Mesra /Dimita Moulding Company

Sesuai dengan judul albumnya “Jang Pertama”.maka Dara Puspita,selain merilis album yang bisa dianggap album rock wanita pertama.4 gadis asal Surabaya ini apa boleh buat telah menjadi inspirasi bangi band-band wanita yang ada di khatulistiwa.
Titik Hamzah (vokal ,bass),dua bersaudara Lies AR (gitar,vokal) dan Titiek AR,serta Susy Nander (drum).Dara Puspita dengan banyak pengaruh dari “British Invasion” yang mencuatkan nama The Beatles dan The Rolling Stones memang seolah tak bisa menangkal serangan musik Inggeris Raya itu.
Mau bukti ? Cobalah simak introduksi lagu “Mari Mari” yang ditulis Titiek Puspa,maka dengan mudah kita menebak itu merupakan “pinjaman” dari introduksi “Under My Thumb” nya The Rolling Stones.Atau anda akan terperanjat jika menyimak kekembaran antara lagu “Pantai Pataja” dengan lagu rock n roll karya Larry Wlliams bertajuk “Bonnie Moroni”.
“Saya sadar mengambil lagu itu.saking sukanya dengan lagu Larry Williams.Yah…namanya masih muda.Belum tahu apa-apa dan masih bersemangat” ungkap Titiek Hamzah beberapa tahun silam tentang plagiarisme tersebut.Titiek Hamzah dengan jiwa besar mengakui kekeliruannya.
Secara musikalitas,Dara Puspita memang seolah menghidangkan beef steak dengan aroma Indonesia.
Dan jika menyimak album ini ,kita bisa merasakan nuansa politik yang tengah bergelimang di negeri ini.Itu terdengar pada lagu lagu seperti “Pusdi”,”Tanah Airku” hingga “Surabaya”.Terasa nafas jingoisme yang menggebu disitu.

Denny Sakrie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s